Tentang Asosiasi Reviewer Penelitian Indonesia

Tujuan RPN adalah untuk mewujudkan kondisi yang kondusif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi luaran penelitian di berbagai bidang untuk meningkatkan daya saing bangsa dan mewujudkan masyarakat adil makmur

107
Jumlah Reviewer
1
Jumlah Pelatihan

“Jujur dan Professional”


Tentang RPN

RPN didirikan di Jakarta tanggal 18 Januari 2016, dan berkedudukan di Ibu Kota Republik Indonesia. RPN adalah Lembaga penilai kelayakan proposal dan luaran penelitian yang bersifat independen.

Fungsi dan Tujuan RPN

RPN berfungsi sebagai lembaga penilai kelayakan proposal dan luaran penelitian untuk membantu penyelenggara penelitian dalam penjaminan mutu penelitian. RPN berperan sebagai organisasi reviewer penelitian yang jujur dan profesional untuk mendukung budaya ilmiah dalam meningkatkan daya saing bangsa.

Sejarah Pendirian RPN.

Dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan output kegiatan penelitian, maka telah dikeluarkan Peraturan Menteri Riset, Tenologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 69 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pembentukan Komite Penilaian dan / atau Reviewer dan Tata cara Pelaksanaan Penilaian Penelitian dengan Menggunakan Standar Biaya Keluaran.

Dalam rangka membentuk dan meningkatkan kompetensi reviewer penelitian pada tanggal 12-16 desember 2016 di hotel Santika Serpong dilaksanakan pelatihan reviewer penelitian sesuai standar ISO/IEC 17024:2012.
Pada tanggal 15 desember 2016 diadakan musyarah untuk pembentukan Asosiasi Profesi Reviewer Penelitian dan kemudian secara aklamasi disepakati pendirian organisasi dan ditunjuk badan pengurus yang terdiri dari ketua umum Prof. Dr. Heri Hermansyah, sekjen Dr. Mustangimah, wasekjen Dr. Widodo, Bendum Prof. Dr. Ismeth Inounu dan Wabendum Dr. Edy Kurniawan.

Selanjutnya disiapkan proses pendirian organisasinya untuk di daftarkan di kemenkumham dan pada tanggal 18 Januari 2017 secara resmi didirikan Asosiasi Profesi Reviewer dengan nama Perkumpulan Reviewer Penelitian Nasional (RPN)dengan Notaris Adrianto SH, M.Kn. Para wakil pendiri yang hadir di depan notaris terdiri dari Dr. Muhammad Dimyati, Prof. Bambang Prasetya, Dr. Wisnu, Ir. Parakoso MM, Dr. Mustangimah, Prof. Dr. Pribadiyono, Prof. Ismeth Inounu, Prof. Heri Hermansyah, Dr. Widodo dan Dr. Edy Kurniawan.

Selanjutnya RPN bertekad untuk membantu proses penelitian berbasis output untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Pendiri RPN

Dr. Muhammad Dimyati
Prof. Dr. Bambang Prasetya
Ir. Prakoso, MM
Ir. Wisnu Sarjono Soenarso, M.Eng.
Prof. Dr. Ir. Pribadiyono, MS.
Prof. Dr. Heri Hermansyah
Dr. Edi Kurniawan, ST, M.Eng.
Dr. Ir. Mustangimah, M.Si.
Dr. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom
Prof. Dr. Ismeth Inoum

Pengurus RPN

Struktur Kepengurusan Asosiasi Reviewer Penelitian Nasional

Heri Hermansyah

Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng

Ketua Umum
IMG_4867

Dr. Ir Mustangimah, MSc

Sekretaris
IMG_0135 (2)

Dr. Ismeth Inounu

Bendahara
IMG-20170212-WA0000

Prof. Dr. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom

Wakil Sekretaris
198208152005021001 (1)

Dr. Edi Kurniawan, ST., MEng

Wakil Bendahara

Aktivitas Reviewer.

 

Pelatihan.